Gelar Rakornas, Airlangga Hartarto Pimpin Persiapan Muktamar NU

Gelar Rakornas, Airlangga Hartarto Pimpin Persiapan Muktamar NU – Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) Partai Golkar kembali menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang digelar selama dua hari, 18-19 Desember 2021. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto selaku presiden Ketua Komite PC-PEN, memimpin langsung rapat koordinasi sebelum muktamar Nahdlatur Ulama.

“Rapat ini diselenggarakan untuk mengecek persiapan dalam penyelenggaraan Muktamar Ke-34 NU yang akan diselenggarakan secara hybrid di Lampung. Asesmen situasi pandemi Provinsi Lampung sudah berada di Level 1,” kata Airlangga Hartarto dalam rapat secara virtual di Jakarta, Sabtu, 18 Desember 2021.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh beberapa menteri, Panglima TNI, Kapolri, PBNU, Gubernur Lampung dan Ketua Panitia Muktamar NU. Airlangga mengatakan, pemerintah selalu mengutamakan kesehatan masyarakat saat melaksanakan agenda besar nasional di tengah pandemi. Hal ini untuk memastikan para peserta kegiatan tetap patuh terhadap disiplin protokol kesehatan.

Untuk mengantisipasi kehadiran rombongan lain yang tidak terkait dengan undangan, Menko Airlangga menilai perlu mengatur agar mereka tidak memasuki tempat acara pembukaan. “Perlu disediakan lokasi lain yang difasilitasi dengan layar agar mereka tetap bisa menyaksikan secara langsung. Untuk itu, kanalisasi dan pengaturan sangat diperlukan,” kata Menko Airlangga.

Kemudian, panitia pelaksana memaparkan secara lengkap strategi pramuktamar (dari pendaftaran online hingga edukasi penerapan protokol kesehatan), penerapan standar pengelolaan protokol kesehatan dalam muktamar, dan pemantauan pasca muktamar yang dikoordinir oleh pihak panitia nasional Muktamar Ke-34 NU

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga mengatakan, untuk melindungi masyarakat, pencapaian vaksinasi di Provinsi Lampung, khususnya di daerah tempat diadakannya acara, harus terus ditingkatkan untuk mencapai tujuan. Disebutkan pula bahwa Lampung Tengah sebagai tempat penyelenggaraan acara baru meraih takaran 61,49 persen. Ini akan dipercepat menjadi 70 persen dengan dukungan penuh panitia bersama TNI dan Polri.

TRENDING  CELAKA ! Pesawat Trigana Air Tergelincir Saat Hendak Mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, panitia perlu menentukan jumlah peserta yang akan menghadiri muktamar. Tujuannya untuk menyamakan jumlah tamu, sekaligus menjamin protokoler penyelenggaraan acara. Sebab, kata Yaqut, muktamar bukan sekadar ajang silaturahmi biasa, tapi juga ajang silaturahmi seluruh warga NU.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Asisten Operasi Kapolri Irjen Imam Sugianto menyatakan siap membantu penuh terselenggaranya segala kegiatan dan acara Muktamar NU, mulai dari percepatan vaksinasi hingga ketertiban dan keamanan acara tetap terjaga. Sementara itu, Muhammad Nuh selaku perwakilan PBNU mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas dukungan yang diberikan selama persiapan muktamar.

About admin

Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya

Check Also

KH Miftachul Akhyar Dipilih Lagi Jadi Rais Aam PBNU

KH Miftachul Akhyar Dipilih Lagi Jadi Rais Aam PBNU

KH Miftachul Akhyar Dipilih Lagi Jadi Rais Aam PBNU – Sembilan ahlul halli wal aqdi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.