Rachel Vennya Akui Suap Ovelina, Mahfud Md Minta Kasus Pungli Diusut

Rachel Vennya Akui Suap Ovelina, Mahfud Md Minta Kasus Pungli Diusut – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md mengatakan, suap sebesar Rp 40 juta yang diberikan Rachel Vennya kepada Ovelina Pratiwi untuk melarikan diri dari karantina tergolong kategori pungli. Ia meminta usut tuntas atas pungli tersebut.

“Baru saja kita mendengar seorang artis lari enggak ikut karantina, ditangkap oleh polisi, di pengadilan terbukti dia membayar Rp40 juta kepada petugas. Petugas ini pegawai swasta, tetapi nyetornya ke seorang ASN, nah itu pungli,” kata Mahfud dalam rapat kerja nasional Satgas Saber Pungli di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (15/12).

Mahfud meminta agar kasus ini diproses secara hukum. Sebab, sudah ada peraturan perundang-undangan yang mengaturnya.

Ia menegaskan, sanksi tersebut harus dijadikan pelajaran agar kasus serupa tidak terulang kembali di masa mendatang.

“Agar itu diusut. Agar tak biasa melakukan itu. Yang penting kesadaran moral diutamakan. Kita semua itu yang di luar petugas hukum punya kesadaran moral. Dan sebagai tanda hukum tak pandang bulu,” kata Mahfud.

Di sisi lain, Mahfud menilai pungutan liar yang mulai berkurang. Namun, dia tidak memungkiri bahwa masih ada orang yang berusaha mencari celah untuk terus melakukan aksi tersebut.

Dia mencontohkan salah satu kasus pungli di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara yang sempat menarik perhatian Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

“Adanya pungli misalnya tadi presiden langsung menelepon Kapolri tuh di Tanjung Priok ada pungutan-pungutan, tapi itu oleh preman tapi premannya langsung menyetor ke petugas-petugas yang bukan preman,” kata Mahfud.

Rachel Vennya diketahui diduga melanggar protokol kesehatan kekarantinaan setelah tiba dari luar negeri. Tak hanya itu, ia juga dikabarkan menyuap Rp40 juta kepada pihak ‘Satgas’ agar tidak dikarantina sesuai ketentuan selama delapan hari.

TRENDING  Luhut Sebut DKI Jakarta Punya Potensi Berstatus PPKM Level 3

Rachel dinyatakan bersalah namun tanpa perlu menjalani hukuman penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Tangerang, Jumat (10/12) lalu.

About admin

Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya

Check Also

Berulang Tahun yang ke-30, Yuk Simak Fakta D.O EXO Disini!

Berulang Tahun yang ke-30, Yuk Simak Fakta D.O EXO Disini! – Doh Kyung-soo atau yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.