Gempa M 5 SR Guncang Bengkulu Pagi Ini

Gempa M 5 SR Guncang Bengkulu Pagi Ini – Gempa hari ini terjadi di Bengkulu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi pada Senin 13 Desember 2021. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat episentrum gempa kota Bengkulu hari ini berada di koordinat 4.18 Lintang Selatan 101.22 Bujur Timur.

BMKG menyebutkan gempa Bengkulu terakhir terjadi hari ini pukul 05:36 WIB dengan kekuatan 5 skala richter.

Menurut BMKG, pusat gempa berada di laut 123 km barat daya Bengkulu. Kedalaman pusat gempa (hiposentrum) adalah 10 km. BMKG juga mengingatkan masyarakat di Kota Bengkulu untuk mewaspadai kemungkinan gempa susulan.

Untuk memperoleh informasi, Skala MMI (Mercalli Scale) adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa. Satuan ini dibuat oleh seorang ahli vulkanologi Italia bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902. Skala MMI kemudian dimodifikasi oleh seismolog Harry Wood dan Frank Neumann pada tahun 1931.

Sebagian besar wilayah Indonesia dikenal sebagai daerah rawan gempa. Merujuk data BMKG, selama 1976-2006 saja, tercatat 3.486 gempa dengan magnitudo lebih dari 6,0.

Apa penyebab gempa bumi? Mengenai penyebabnya, gempa bumi dapat dibagi menjadi 2 jenis. Pertama, gempa tektonik yang terjadi akibat pergerakan atau perpindahan secara tiba-tiba lapisan batuan di kerak bumi. Fenomena ini terjadi akibat pergerakan lempeng tektonik. Selain itu, gempa bumi dapat terjadi karena aktivitas gunung berapi. Tipe kedua ini disebut gempa vulkanik.

Pergerakan tiba-tiba lapisan batuan di bumi dapat menghasilkan energi yang dipancarkan ke segala arah dalam bentuk gelombang seismik. Ketika gelombang mencapai permukaan bumi, getarannya dapat merusak segala sesuatu, seperti bangunan, dan dapat menimbulkan korban jiwa.

TRENDING  Miris, Puskesmas Di Kabupaten Bogor Tidak Layani Pasien dan Malah Jadi Tempat Karaoke

About admin

Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya

Check Also

KH Miftachul Akhyar Dipilih Lagi Jadi Rais Aam PBNU

KH Miftachul Akhyar Dipilih Lagi Jadi Rais Aam PBNU

KH Miftachul Akhyar Dipilih Lagi Jadi Rais Aam PBNU – Sembilan ahlul halli wal aqdi …