Warga Diminta Waspada Terkait Gempa Guguran Gunung Semeru

Warga Diminta Waspada Terkait Gempa Guguran Gunung Semeru – Aktivitas Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (msnm), masih didominasi oleh longsoran dan gempa/letusan beberapa hari terakhir.

“Pada hari ini pukul 00.00-06.00 WIB tercatat gempa guguran sebanyak tiga kali kejadian, amplitudo 2-3 mm dengan durasi 10-12,5 detik,” kata petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur, Liswanto dalam laporan tertulisnya kepada PVMBG, Sabtu 11 Desember 2021.

Aktivitas kegempaan yang juga terpantau adalah embusan sebanyak satu kali kejadian dan gempa tektonik jauh sebanyak satu kali dengan status Gunung Semeru pada level II atau waspada. “Secara visual Gunung Semeru tampak jelas dan asap kawah tidak teramati,” tuturnya.

Sementara itu, menurut laporan aktivitas Gunung Semeru di situs Badan Geologi Kementerian ESDM pada 10 Desember 2021, gunung berapi itu terlihat jelas dengan kabut, asap putih keabu-abuan terpantau dengan intensitas tinggi. sedang hingga tebal, dengan ketinggian 500-1000 meter dari puncak, dan api diam dan sinar di kawah langit teramati .

Gempa vulkanik terkait letusan, longsoran, semburan asap kawah, aktivitas magma, dan aktivitas tektonik mencatat satu kali gempa/letusan, 15 kali longsor, 23 kali letusan, empat kali gempa harmonik, dan dua kali gempa tektonik jauh.

Masyarakat dilarang melakukan aktivitas dalam radius satu kilometer dari kawah/puncak Gunung Semeru dan pada jarak lima kilometer dari arah bukaan kawah di sektor tenggara – selatan, serta mewaspadai dari awan panas guguran, guguran lava dan lahar di sepanjang sungai/lembah yang berasal dari puncak Gunung Semeru.

Liswanto juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah awan panas Besuk Kobokan dan ancaman banjir lahar di alur sungai yang berasal dari Gunung Semeru, mengingat banyak material yang sudah terbentuk.

TRENDING  Jadi Duta Wisata Religi, Ustadz Abdul Somad: Membantu Menemukan Destinasi HALAL

About admin

Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya

Check Also

KH Miftachul Akhyar Dipilih Lagi Jadi Rais Aam PBNU

KH Miftachul Akhyar Dipilih Lagi Jadi Rais Aam PBNU

KH Miftachul Akhyar Dipilih Lagi Jadi Rais Aam PBNU – Sembilan ahlul halli wal aqdi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.