Keluarkan 11 Kali Lava Pijar, Gunung Merapi Masuk Status Siaga

Keluarkan 11 Kali Lava Pijar, Gunung Merapi Masuk Status Siaga – Gunung Semeru erupsi baru-baru ini, pada Sabtu (4/12/2021) sore. Namun, ternyata gunung berapi ini bukan satu-satunya gunung yang aktif saat ini.

alai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan awan panas turun dari Gunung Merapi pada pukul 16.44 WIB, Senin (12/6/2021).

Dalam pantauan sejak pukul 00.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB hari ini, Rabu (12/8/2021), Gunung Merapi terlihat jelas. Secara visual, asap dari kawah bertekanan rendah terlihat berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan ketinggian 15-20 meter di atas puncak kawah. Selain itu, guguran lava pijar terpantau sebanyak 11 kali dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter ke arah barat daya.

“Teramati guguran lava pijar 11 kali jarak luncur maksimum 1.500 meter ke arah barat daya,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/12/2021).

Selama periode pengamatan, Gunung Merapi juga tercatat mengalami 41 kali gempa guguran, satu kali gempa embusan, dan 11 kali gempa multifase.

Sejauh ini, BPPTKG telah menetapkan status aktivitas Gunung Merapi dalam Siaga (Level III).

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas di sektor tenggara-barat daya hingga maksimum 3 kilometer ke Sungai Woro dan hingga 5 kilometer ke Sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng dan Putih.

Sementara itu, lontaran material vulkanik jika terjadi letusan eksplosif bisa mencapai radius 3 kilometer dari puncak.

Masyarakat diminta untuk tidak berkegiatan dalam kegiatan di daerah yang berpotensi bahaya.

Selain itu, diharapkan dapat mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari letusan dan mewaspadai bahaya lahar terutama saat hujan di sekitar Gunung Merapi.

TRENDING  Momen Rey Mbayang Bedong Anak Sambil Baca Shalawat, Ayah Idaman Banget Deh

About admin

Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya

Check Also

KH Miftachul Akhyar Dipilih Lagi Jadi Rais Aam PBNU

KH Miftachul Akhyar Dipilih Lagi Jadi Rais Aam PBNU

KH Miftachul Akhyar Dipilih Lagi Jadi Rais Aam PBNU – Sembilan ahlul halli wal aqdi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *