Hari Ibu Tanggal 22 Desember di Indonesia, Ini Sejarahnya

Hari Ibu Tanggal 22 Desember di Indonesia, Ini Sejarahnya – Hari Ibu jatuh pada hari Rabu, 22 Desember 2021. Peringatan Hari Ibu atau Mother’s Day di Indonesia mengacu pada pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia I yang diselenggarakan pada 22-25 Desember 1928, atau hanya beberapa minggu setelah Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

Hari Ibu adalah hari besar yang diperingati setiap tahun, apakah itu hari libur nasional? Hari Ibu bukan hari libur umum juga bukan hari libur nasional. Namun, kita tetap bisa memperingati hari istimewa ini dengan berbagi pesan positif tentang perempuan, pemberdayaan, dan ungkapan terima kasih untuk semua ibu dan perempuan.

Sejarah Hari Ibu di Indonesia tidak lepas dari peran perempuan di tanah air untuk membangkitkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Perayaan Hari Ibu Nasional dipilih bertepatan dengan peringatan hari pengukuhan Kongres Perempuan Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 22-25 Desember 1928.

Kongres ini digelar di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran yang kini menjadi kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta.

Kongres yang dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera ini bertujuan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan perkawinan.

Isu-isu yang diangkat adalah pendidikan anak perempuan, perkawinan anak, kawin paksa, permaduan dan perceraian sewenang-wenang, serta peran perempuan yang seringkali hanya “kanca wingking”.

Tanggal hari pertama Kongres Perempuan Indonesia I pada tanggal 22 Desember 1928 selanjutnya menjadi tolak ukur pemerintah Indonesia untuk menetapkan peringatan Hari Ibu yang diresmikan oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden Republik Indonesia No. 316 tahun 1953.

Incoming search terms:

Hari Ibu ,Hari Ibu Nasional ,Kongres Perempuan Indonesia
TRENDING  Tepat 41 Tahun yang Lalu, John Lennon Dibunuh Penggemarnya Sendiri

About admin

Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *