Hari Pahlawan, Ismail Marzuki Tampil di Google Doodle Hari Ini

Hari Pahlawan, Ismail Marzuki Tampil di Google Doodle Hari Ini – Untuk mengenang jasa pahlawan Indonesia di Hari Pahlawan Nasional yang jatuh setiap tanggal 10 November, Google memasang doodle Ismail Marzuki di halaman utama pencariannya. Semasa hidupnya, Ismail Marzuki dikenal sebagai komponis besar Indonesia yang sudah menciptakan lagu-lagu patriotik dan lagu kebangsaan Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang tahun ini jatuh pada hari Rabu, 10 November 2021, Google Doodle menampilkan gambar ilustrasi Pahlawan Nasional Ismail Marzuki.

Ismail Marzuki adalah seorang komponis besar tanah air yang sudah tidak asing lagi namanya bagi semua orang yang berada di NKRI.

Banyak sekali karya yang sudah dihasilkan oleh Ismail Marzuki, sehingga namanya ditetapkan menjadi salah satu pahlawan nasional. Bahkan, pada hari ini di tahun 1968, pemerintah Indonesia menghormati warisan mendiang dengan mengabadikan namanya. Sekarang, namanya menjadi Pusat Kesenian Jakarta-Taman Ismail Marzuki (TIM).

Namun begitu, tidak semua orang mengetahui sejarah dari nama Ismail Marzuki yang sebenarnya, sehingga sampai menjadi legenda di negeri ini.

Dikutip dari Wikipedia, Ismail Marzuki lahir dan besar di Jakarta dari keluarga Betawi. Nama sebenarnya adalah Ismail. Sedangkan ayahnya bernama Marzuki, sehingga nama lengkapnya menjadi Ismail bin Marzuki.

Kebanyakan orang memanggil nama lengkapnya Ismail Marzuki. Bahkan di lingkungan teman-temannya kerap dipanggil Mail, Maing, atau Bang Maing.

Ia dilahirkan di Kampung Kwitang. Tepatnya di Kecamatan Senen, wilayah Jakarta Pusat, pada tanggal 11 Mei 1914.

Tiga bulan setelah Ismail dilahirkan, ibunya meninggal dunia. Sebelumnya Ismail Marzuki juga telah kehilangan dua orang kakaknya bernama Yusuf dan Yakup yang telah mendahului saat dilahirkan.

Kemudian ia tinggal bersama ayah dan seorang kakaknya yang masih hidup bernama Hamidah, yang umurnya lebih tua 12 tahun dari Ismail.

TRENDING  Kesampingkan Perseteruan, William dan Harry Datang di Peresmian Patung Putri Diana

Masih dikutip dari Wikipedia, Ismail Marzuki memulai debutnya di bidang musik pada usia 17 tahun. Untuk pertama kalinya ia berhasil mengarang lagu “O Sarinah” pada tahun 1931.

Ismail mempunyai ketertarikan yang mendalam pada bidang seni. Tahun 1936, Ismail memasuki perkumpulan orkes musik Lief Java sebagai pemain gitar, saxophone, dan harmonium pompa.

Pada tahun 1940, Ismail Marzuki menikah dengan Eulis Zuraidah, seorang primadona dari klub musik yang ada di Bandung di mana Ismail Marzuki juga tergabung di dalamnya. Pasangan ini kemudian mengadopsi seorang anak bernama Rachmi, yang sebenarnya masih keponakan Eulis.

Pada masa penjajahan Jepang, Ismail Marzuki turut aktif dalam orkestra radio pada Hozo Kanri Keyku Radio Militer Jepang. Ketika masa kependudukan Jepang berakhir, Ismail Marzuki tetap meneruskan siaran musiknya di RRI.

Selanjutnya ketika RRI kembali dikuasai Belanda pada tahun 1947, Ismail Marzuki yang tidak mau bekerja sama dengan Belanda memutuskan untuk keluar dari RRI. Ismail Marzuki baru kembali bekerja di radio setelah RRI berhasil diambil alih.

Ia kemudian mendapat kehormatan menjadi pemimpin Orkes Studio Jakarta. Pada saat itu ia menciptakan lagu Pemilihan Umum dan diperdengarkan pertama kali dalam Pemilu 1955.

Demikian sekelumit sejarah Ismail Marzuki yang hari ini terpampang di Google Doodle untuk mengenang jasa-jasanya yang teramat agung untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Incoming search terms:

Google Doodle ,Ismail Marzuki ,Pahlawan Indonesia

About Faisal

Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya

Check Also

Maia Estianty Bongkar Sifat Mulan Jameela Selama Jadi Rekan Duet, Puji Sifat Profesional

Hari-hati Sama Pasangan yang Seperti Ini, Karena Dia Cuma Manfaatin Kamu

ammora.co Hubungan akan tetap bertahan jika didalamnya saling menghargai, saling melengkapi dan saling mempercayai satu …