Laga Perdana Barcelona Tanpa Koeman Melawan Alaves

Laga Perdana Barcelona Tanpa Koeman Melawan AlavesBarcelona memulai hidup baru tanpa Ronald Koeman. Mereka mencoba meraih hasil positif saat menjamu Deportivo Alaves pada lanjutan La Liga 2021/2022 di Camp Nou, Sabtu (30/10/2021) atau Minggu dini hari WIB.

El Azulgrana memecat Koeman usai kekalahan 0-1 dari Rayo Vallecano pada pertengahan pekan. Untuk sementara pelatih tim B Sergi Barjuan ditunjuk sebagai pelatih Sergio Busquets dan kawan-kawan.

Patut ditunggu bagaimana reaksi pemain menghadapi kenyataan ini. Yang jelas mereka harus bangkit jika mau memperbaiki posisi.

Saat ini Barcelona baru mengoleksi 15 poin dari 10 pertandingan. Torehan tersebut menempatkan raksasa Catalunya ini di peringkat sembilan klasemen memasuki putaran berikutnya.

Tampil di depan pendukung sendiri, Barcelona patut bersemangat dalam kondisi ini. Mereka punya rekor bagus melawan Alaves dengan tidak terkalahkan dalam 10 pertemuan terakhir.

Pelatih asal Belanda itu baru saja dipecat usai ditekuk Rayo Vallecano pada pertandingan tengah pekan lalu. Kini Barca tidak mempunyai pelatih permanen. Sementara waktu, Blaugrana dipegang oleh pelatih interim, Sergi Barjuan.

Hasil buruk ini membuat Memphis Depay dan kawan-kawan tercecer di urutan sembilan klasemen. Posisi Barcelona saat ini merupakan start terburuk mereka di La Liga sejak musim 1987-88. Tak heran jika Koeman dibebastugaskan.

Kini tugas berat ada di pundak Barjuan. Eks pelatih Mallorca itu harus bisa membawa Barcelona kembali ke jalur kemenangan sambil menunggu kedatangan Xavi Hernandez.

Sebenarnya untuk mengalahkan Alaves bukanlah perkara sulit. Berdasarkan statistik, Barcelona tidak pernah kalah dalam lima pertemuan terakhir. Empat kali menang dan satu imbang. Bahkan di laga terakhir, Alaves dihajar 5-1 oleh Barca.

Sang tamu juga merupakan tim terburuk di La Liga sejauh ini dalam urusan mencetak gol. Tim asuhan Javier Calleja ini hanya bisa mencetak 5 gol dari 10 pertandingan. Tidak heran jika Alaves berkutat di papan bawah.

TRENDING  7 Tanda Kamu Sudah Benar-benar Siap Menikah dan Bukan Karena Ikut-ikutan Teman

Satu yang perlu diperhatikan Barca dari sang tamu. Tim berjuluk El Glorioso ini sedang menanjak dengan dua kemenangan beruntun sehingga keluar dari zona degradasi. Perlu diingat juga, Alaves pernah membuat kejutan dengan mengalahkan Atletico Madrid pada bulan lalu.

Apalagi saat ini Barca masih dilanda badai cedera. Pedri dan Martin Braithwaite belum bisa dimainkan karena cedera. Sementara itu Ronald Araujo, Ansu Fati, dan Frenkie de Jong menyusul ke meja perawatan.

Sebaliknya Alaves tak punya masalah cedera. Kemungkinan susunan pemain tak jauh berbeda pada laga sebelumnya. Namun Calleja kemungkinan melakukan sedikit perubahan untuk menyegarkan skuat. Toni Moya dan Manu Garcia berpotensi masuk.

Tak mengejutkan jika Alaves bisa mematahkan prediksi banyak orang, meski Barcelona tetap difavoritkan di atas kertas. Akankah Barcelona bisa lolos ujian pertama tanpa Koemen? Atau sebaliknya Alaves melanjutkan tren kemenangan mereka? Kita lihat nanti!

Perkiraan susunan pemain

Barcelona:

Marc-Andre ter Stegen, Sergi Roberto, Gerard Pique, Eric Garcia, Jordi Alba, Sergio Busquets, Philippe Coutinho, Gavi, Memphis Depay, Sergio Aguero, Sergino Dest

Alaves:

Fernando Pacheco, Victor Laguardia, Matt Maizga, Ximo Navarro, Ruben Duarte, Toni Moya, Mamadou Loum, Manu Garcia, Luis Rioja, Facundo Pellistri, Joselu

About Faisal

Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya

Check Also

ismail

Hari Pahlawan, Ismail Marzuki Tampil di Google Doodle Hari Ini

Hari Pahlawan, Ismail Marzuki Tampil di Google Doodle Hari Ini – Untuk mengenang jasa pahlawan …