Ustadz Abdul Somad Berikan Kunci Hidup Sukses, Rezeki Melimpah, dan Berkah: Dunia Kau Kejar Akhirat Melayang

Maia Estianty Bongkar Sifat Mulan Jameela Selama Jadi Rekan Duet, Puji Sifat Profesional

Ustadz Abdul Somad dalam salah satu dakwahnya, pernah menyampaikan bahwa masih banyak sekali orang yang hidupnya dipergunakan hanya untuk mengejar harta dunia.

Dakwah tersebut disampaikan Ustadz Abdul Somad berdasarkan sebuah kisah nyata dari seorang muslim berkebangsaan Malaysia. Ia menyebut ada beberapa kunci yang harus dilakukan agar hidup bisa sukses, rezeki melimpah, dan mendapat berkah yang luas.

Walaupun sebenanrnya harta, hidup, dan semua hal yang ada di dunia ini sejatinya adalah milik Allah. Namun, manusia tetap dianjurkan untuk selalu mencari rezeki dari Allah dengan tetap mengutamakan akhirat sebagai tujuan utama.

Dan menurut Ustadz Abdul Somad, manusia harus mencarinya dengan bismillah dan tetap harus bersyukur terhadap hasil apapun yang didapat. Karena hidup di dunia ini hanyalah sementara, bahkan tidak sampai setengah sayap nyamuk.

“Dunia ini tak sampai setengah sayap nyamuk, kau tangkap nyamuk ambil sayapnya sebelah. Itulah dunia, itulah yang kau kejar dengan cara haram. Bantai saja hantam sana, sikut kiri sikut kanan. Padahal yang dicari itu cuma setengah sayap nyamuk. Dunia kau kejar akhirat melayang, akhirat yang kau cari dunia datang bersimpuh di bawah tapak kakimu.” kata Ustadz Abdul Somad seperti yang dilansir PORTAL JEMBER dari dakwah beliau yang diunggah oleh kanal YouTube TAMAN SURGA. NET pada 1 Juni 2021.

Ustadz Abdul Somad juga membeberkan bagaimana kunci hidup sukses, rezeki melimpah, dan berkah sehingga kelak manusia tidak akan kehilangan akhirat yang jangkauannya lebih luas dan kekal daripada dunia.

1. Menjaga silaturrahim

Orang yang terlalu mengejar dunia, hingga lupa caranya bertetangga, tidak pernah peduli dengan lingkungan sekitar. Apalagi bertemu tetangga, berkumpul dengan keluarga, bersapa dengan teman, tidak pernah menjalin komunikasi dan silaturahim.

Itulah beberapa penyebab, hidup tidak bahagia dan kurang bersyukur. Apalagi jika sampai meninggalkan sholat dan kewajiban lainnya hanya untuk mengejar dunia.

2. Membayar utang

Salah satu kunci hidup tentram adalah tidak berselisih dengan orang lain, sehingga sekecil apapun utang bayarlah dengan tepat waktu. Agar kelak di akhirat, utang tersebut tidak memberatkan.

Seperti yang disampaikan Ustadz Abdul Somad: “Dosa kepada Allah bisa ditebus dengan istighfar, tapi dosa utang kepada manusia tidak bisa. Maka ku sampaikan pada jamaah, bayarlah utang pada tempatnya. Supaya jangan sampai kita mati su’ul khotimah.”

3. Makanan, minuman, dan pakaian yang halal

Salah satu penyebab mengapa do’a tidak dikabulkan oleh Allah adalah makan makanan haram, minum minuman haram, dan menggunakan pakaian yang berasal dari harta yang haram.

Maka dari itu, manusia dianjurkan mencari rezeki dengan cara yang halal agar segala sesuatu yang dimakan, dan dipergunakan mendapat keberkahan.

4. Jujur atau amanah

Jujur adalah karakter yang harus ditanamkan sedini mungkin, karena kejujuran adalah sumber keberkahan dalam hidup. Orang yang jujur atau amanah cenderung merasa aman dan tentram dalam hidupnya.

5. Bersedekah

Memberikan sebagian harta kepada orang lain yang membutuhkan adalah salah satu kunci hidup akan berlimpah rezeki. Harta yang disedekahkan tidak akan berkurang, justru akan ditambah oleh Allah seiring dengan rasa ikhlas dalam bersedekah.

6. Memudahkan urusan orang lain

“Apapun profesi kita, carilah profesi yang melapangkan kesulitan orang lain, yang mengenyangkan perut orang, yang melapangkan tenggorokan orang, yang memudahkan urusan orang, maka dimudahkan pula urusan hidupmu, insya Allah.” pesan Ustadz Abdul Somad.

Jika seseorang memudahkan urusan orang lain, maka ketika ia mendapat kesulitan Allah akan memberikan jalan sebagaimana ia memudahkan urusan orang lain.***

Faisal
Semakin keras kamu bekerja untuk sesuatu, semakin besar perasaanmu saat mencapainya